ARTIKEL LAYANAN

MAKANAN UNTUK ANAK AUTISM YANG TEPAT

Makanan anak autis — Autisme adalah kelainan genetik yang menyebabkan gangguan pada proses tumbuh kembang balita, gangguan ini meliputi gangguan komunikasi verbal maupun non verbal, gangguan sosialisasi dan gangguan emosional. Kondisi khusus ini berhasil dideteksi sejak anak berumur kurang dari 3 tahun.

Autisme umumnya bisa diatasi dengan terapi khusus untuk melatih perkembangannya yang terhambat. Sebagian anak autis akan memberi reaksi yang positif apabila penangananya ditunjang pengaturan pola makan yang menghindari aneka makanan mengandung kasein dan gluten.

Makanan anak autis yang dianjurkan adalah Sumber karbohidrat yang tidak mengandung gluten, misalnya kentang, beras, singkong, ubi jalar, dan arerut. Sedangkan makanan anak autis yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung gluten atau kasein karena diperkirakan sebagai salah satu pemicu munculnya sikap agresif di otak. Contohnya, berbagai jenis makanan yang berasal dari serealia, terutama gandum. Banyak peneliti menyatakan makanan mengandung gluten dan kasein memicu sikap agresif, dan tidak baik untuk anak autis.

Makanan anak autis tidak boleh sembarangan, perlu dilakuakn diet khusus untuk meemnuhi kebutuhannya. Diet makanan anak autis khusus ini sebenarnya cukup membantu karena sekitar 90% anak autis alergi susu sapi, terigu dan ada juga yang alergi protein. Sehingga diet CFGF ini dapat membantu anak-anak autis yang untuk lebih sehat , cukup gizi dan bebas dari masalah pencernaan,” kata Ketua Yayasan Autisma Indonesia (YAI) dr Melly Budhiman, SpKJ seperti ayng dilansir dalam Liputan6.com, Selasa (2/4/2013).

Jenis diet ini mungkin tidak terdengar asing bagi ibu-ibu yang memiliki anak dengan gangguan sprektrum autisme. Dalam diet makanan anak autis ini , sang ibu wajib menjauhi Casein atau susu sapi dan Gluten atau sejenis protein yang biasanya terdapat dalam tepung-tepungan dianggap cukup berpengaruh pada pola perilaku anak autis

Melly mengakui untuk melakukan diet ini juga tidak mudah karena tergantung dari ketelatenan orangtua dan dari usia berapa anak ini diperkenalkan untuk bisa memilih makanan yang lebih sehat. “Semakin dini anak menjalani diet CFGF ini, akan semakin cepat terlihat pengaruhnya. Bahkan hanya dalam 1 hingga 2 minggu,” ujar Melly.

Tapi kembali lagi Melly mengingatkan kalau diet ini tidak menyembuhkan dan diet ini hanya saran darinya dan beberapa ahli yang setuju kalau makanan sangat berpengaruh pada pola perilaku anak autis.

Selain memperhatikan pola makanan anak autis sang orang tua pun harus berperan aktif dalam membimbing sang anak karena peran serta orang tua secara aktiflah yang menentukan berhasil atau tidaknya pengobatan putra putri anda yang mengalami autisme contohnya adalah diet makanan anak autis yang satu ini



Detil info baca disini: http://duniaanak.org/makanan-anak/makanan-untuk-anak-autis-yang-tepat.html

Posting : 03 May 2017 09:47 am

Kunjungi kami


Jl. Sentolo - Nanggulan, Bantar Kulon, Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta

(0274) 2890451
pusatlayananautisdiy@gmail.com
Ikuti Kami :