ARTIKEL LAYANAN

PENDEKATAN INTERVENSI TERAPI PERILAKU

Autism adalah gangguan perkembangan saraf yang kompleks dan ditandai dengan kesulitan dalam interaksi sosial, komunikasi dan perilaku terbatas berulang-ulang dan karakter stereotip. Kesuliatan yang kompleks tersebut menyebabkan anak autis mengalami hambatan dalam aktivitas sehari-hari sehingga memerlukan layanan yang terpadu terkait kebutuhannya.

            Layanan terpadu dalam penanganan anbak autis dapat diperoleh di Pusat Layanan Autis di masing-masing provinsi tidak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di Pusat Layanan Autis Yogyakarta, anak autis akan diintervensi baik dari segi medis, keterapian maupun pendidikan. Salah satu bentuk intervensi yang diberikan adalah terapi perilaku. Terapi perilaku bertujuan untuk memperbaiki gejala spesifik dan dapat meningkatkan perkembangan seperti perkembangan ketrampilan sosial dan bahasa.

            Pendekatan yang dilakukan dalam penanganan anak autis, kita dalam hal ini terapis terlebih dahulu harus memahami karakteristik anak autis tersebut. Dengan memahami karakteristik anak autis diharapkan dapat lebih mudah dalam memberikan perlakuan atau treatment. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pendekatan kepada anak autis adalah sebagai berikut:

1.    Mulai dari apa yang anak suka

Setiap anak autis memiliki kesukaan atau ketertarikan berlebih pada sesuatu. Sesuatu yang disukai ini bisa berupa benda ataupun perlakuan. Berikan apa yang anak suka, ikuti alur aktivitas sehingga anak tidak merasa terganggu dengan keberadaan kita dan sebaliknya anak akan merasa nyaman dan lebih dekat dengan kita.

2.    Jauhkan dari apa yang anak tidak suka atau ditakuti

Setiap anak autis juga mempunyai sesuatu yang tidak disukai bahkan akan merasa ketakutan dan terganggu. Sebisa mungkin kita jauhkan atau kita hilangkan apa yang anak autis takuti sehingga mengurangi gejala perilaku yang muncul.

3.    Mengajarkan ketrampilan aktivitas

Setelah mendapatkan perhatian dan merasa lebih dekat dengan anak autis, anak dapat diberikan ketrampilan terstruktur dan intensif yang berorientasi pada pelatihan sesi terapi yang bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan sosialnya.

            Langkah awal dalam intervensi tatalaksana perilaku akan dibahas dalam artikel selanjutnya *

Posting : 09 Jan 2017 10:54 am

Kunjungi kami


Jl. Sentolo - Nanggulan, Bantar Kulon, Banguncipto, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta

(utara Rumah Sakit Nyi Ageng serang Kulon Progo)

(0274) 2890451
pusatlayananautisdiy@gmail.com
Ikuti Kami :